Halaman

Minggu, 14 November 2010

Istilah-Istilah di Internet

Browsing/Surfing
Istilah satu ini, amat populer, kalo sampe gak tau, lebih baik jangan berani masuk ke dunia maya deh. Browsing/Surfing merupakan istilah yang akrab digunakan oleh para netter, yang artinya menjelajah dunia maya internet. Tentu saja computer yang digunakan harus terhubung dengan jaringan internet. Untuk dapat melakukan browsing seorang netter harus mengetahui alamat-alamat internet yang akan dituju. Contohnya seperti www.ilmukomputer.com, www.detik.com, www.google.co.id dll.
Search Engine
Istilah ini agak kurang familiar buat orang non-IT. Gak tau kenapa, padahal penggunaannya sangat populer. Kebanyakan orang hanya tau nama situsnya bukan istilahnya, meskipun bukan masalah besar, tapi. ada baiknya kita tau istilah untuk situs yang sering kita gunakan dan kunjungi tersebut .Well, Search Engine merupakan sebuah website yang memberikan layanan pencarian konten-konten terhadap seluruh situs-situs yang ada dalam jaringan internet. Konten yang kita cari dapat meliputi, media teks, gambar/foto ataupun file multimedia yang lain seperti audio, video dll. Biasanya Search Engine (Mesin Pencari) ini memerlukan sebuah kata kunci sebagai acuan pencarian. Contoh situs yang tergolong sebagai search engine terkenal diantaranya yaitu www.google.com, www.yahoo.com dll.
Email
Kalo yang ini sudah pasti terkenal, yup….Email adalah surat menyurat dalam internet. Saat ini email telah memiliki trend tersendiri dibanding dengan surat-menyurat konvensional, karena email disini bersifat lebih ekonomis dan efisien waktunya. Dikatakan lebih ekonomis karena saat ini banyak penyedia layanan email local maupun non-lokal yang bersifat gratis. Syaratnya hanya daftar/registrasi untuk mendapatkan alamat email yang baru. Bersifat efisien waktu, karena pengiriman surat elektronis ini tidak membutuhkan waktu yang lama bahkan hanya dalam hitungan detik surat telah sampai ke alamat tujuan, saat itu pula penerima dapat membaca pesan yang dikirimkan dan dapat juga langsung membalasnya.
Untuk dapat memanfaatkan layanan email ini, kita harus mendaftarkan diri pada penyedia layanan email baik yang gratis maupun yang berbayar. Setiap orang dapat saja memiliki email lebih dari satu, tentu saja dengan alamat email yang berbeda, karena setiap alamat email ini bersifat unik.



WWW(worldwideweb)

Sering disingkat sebagai WWW atau web saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.WWW Adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.
File Trasfer Protocol (FTP)

FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

Internet Relay Chat (IRC)

Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi.
IRC muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput kejadian-kejadian penting. Pada saat alat-alat komunikasi tradisional tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat menjadi alternatif yang dapat diandalkan.

Video Streaming
Dengan internet muncul sebuah konsep baru, yang disebut sebagai streaming video ini tampaknya seperti sebuah istilah yang sangat umum,. Dan banyak orang mungkin tidak menyadari apa istilah ini. Ketika digunakan di internet, "streaming" berarti bahwa produk sedang dikirim dari satu tempat ke tempat lain pada kerangka waktu video streaming. adalah klip video atau film yang sedang dikirim dari waktu ke waktu nyata dari satu tempat ke tempat lain. Ini adalah film yang sedang terus-menerus diberikan kepada individu-individu meminta video Metode material yang sedang ditransfer dikenal sebagai streaming, dan ini bukan media yang sedang digunakan. Sebagai contoh., ada streaming video dan audio streaming audio dan. video adalah media yang digunakan dalam bentuk-bentuk, tapi konsep streaming mengacu pada cara bahwa produk sedang dikirim dari satu tempat ke tempat lain melalui internet atau melalui metode lain. Beberapa orang tidak menyadari bahwa media streaming sekitar sebelum internet, tapi itu tidak disebut seperti itu. Karena ada banyak cara tidak begitu di mana orang dapat menerima informasi, termasuk video, banyak orang yang mampu memahami bahwa harus ada perbedaan antara gaya pengiriman.
VMukti (sebelumnya dikenal sebagai 1videoConference) dari VMukti Solutions Pvt. Ltd adalah, inovatif komunikasi terpadu multi-point, kolaborasi dan konferensi platform server dengan built-in untuk akses ke fitur platform melalui b) pribadi, web-interface dapat disesuaikan) widget untuk 3 ... situs partai yang lebih c) desktop d) PSTN e) mobile dan f) telepon IP. Fitur utamanya meliputi audio, video, chatting, cari file, papan tulis, file-sharing, presentasi, pemantauan jarak jauh, pengawasan, berbagi, CRM dan laporan, semua menggunakan bandwidth yang sangat rendah / penggunaan CPU. Seperti pada tanggal ada kelangkaan besar produk yang menawarkan kualitas komunikasi yang baik bersatu dengan konferensi multipoint dan kolaborasi sosial plug-in untuk situs pihak ke-3.

Streaming video juga dapat digunakan untuk menggambarkan sebuah saluran televisi Dengan cara ini, seseorang dapat mengakui bahwa sementara streaming video tidak hanya digunakan pada komputer ini adalah contoh yang sangat populer.. Meski demikian, ia digunakan dalam berbagai metode lain di sekitar rumah. Di beberapa rumah, ada kamera keamanan yang akan streaming video dari satu bagian dari rumah ke daerah lain di rumah. Streaming tidak ada hubungannya dengan jarak di mana video akan perjalanan Sebaliknya,. ini hanya mengacu pada cara di mana informasi yang akan ditransfer antara lokasi. Proses yang sama dapat diterapkan untuk bisnis dan kantor yang digunakan di rumah. perusahaan alarm Beberapa atau perusahaan keamanan benar-benar akan memungkinkan pemilik untuk sign in di internet dari lokasi yang jauh dalam rangka untuk melihat keamanan feed pada kamera yang ditempatkan di tempat pemilik individu bisnis video streaming. adalah penting ketika datang ke hiburan, seperti dengan televisi atau di internet, tapi juga praktis dalam sejumlah cara ketika datang ke keamanan untuk bisnis. Apakah seseorang ingin menonton film di televisi atau memeriksa status dari toko mereka, sementara mereka adalah rumah, streaming video dapat membantu individu-individu untuk mencapai tujuan dan memenuhi keinginan mereka. Kadang-kadang streaming video akan biaya uang dan dalam kasus-kasus agar tidak akan biaya apa pun individu. Itu semua tergantung pada apa yang di-streaming dan di mana hal ini terjadi. sumber online Banyak orang yang tidak bertanggung jawab untuk streaming video, tetapi dalam banyak kasus perusahaan keamanan dan juga kabel perusahaan akan mengenakan biaya untuk video streaming bahwa individu-individu dapat menikmati.
Video Streaming
/www.techtext.net/id/video-conferencing/understanding-streaming-video.html
http://neshaanes.tumblr.com/post/251560585/istilah-istilah-dalam-tik
http://ratihparamyta.wordpress.com/2009/04/06/istilah-istilah-di-internet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar